Mengenal Bentuk Modul Memory RAM

March 03, 2018

Mengenal Bentuk Modul Memory RAM

Tipe modul RAM untuk sistem komputer (desktop), adalah :
  • DIMM (Dual In-Line Memory Module) : adalah jenis yang paling umum digunakan sekarang. Berupa circuit-board kecil berisi chip memori RAM. DIMM merupakan memory standar di komputer desktop saat ini.
  • SIMM (Single In-Line Memory Module) : adalah jenis modul memori yang berisi chip RAM yang digunakan komputer awal 1980-an ke 1990-an. Ini berbeda dari DIMM. Modul SIMM harus dipasang secara berpasangan di dalam slot pada motherboard. Sekarang sudah tidak dipergunakan lagi.
  • RIMM (Rambus In-Line Memory Modul) : modul ini menggunakan chip RAM buatan Rambus.Inc, digunakan pada saat awal Pentium4 (1999), modulnya disebut RDRAM (Rambus-DRAM). Performanya sangat bagus, tetapi karena harganya mahal, akhirnya tergeser oleh DDR hingga sekarang. Beberapa konsole-game menggunakan modul ini untuk memperoleh performa kinerja yang tinggi.
  • CRIMM (Continuity RIMM) : ini bukan modul memory, CRIMM (gambar-4) hanya merupakan modul “sambungan (terusan)” untuk motherboard yang menggunakan memory jenis RIMM. Harganya murah saja. CRIMM harus diinstal pada slot RDRAM yang kosong, jika tidak maka komputer tidak akan bisa bekerja.

DIMM – Modul Memory untuk Desktop

  • SDRAM – Synchronous Dynamic Random Access Memory, ini adalah jenis DRAM yang men-sinkronkan dirinya dengan bus CPU. Modul SDRAM, hingga saat ini, adalah standar memori untuk PC modern. Ketika melihat SDRAM, angka setelah huruf “PC” menunjukkan kecepatan FSB (Front Side Bus) sistem. Contoh: SDRAM PC-100, ini dirancang untuk sistem dengan FSB 100 MHz.
  • DDR SDRAM – Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory, jenis SDRAM yang mendukung transfer data pada “lereng positif dan negatif” setiap siklus (clock) tegangan-blok (dasar tehnik digital). DDR-SDRAM mengkonsumsi daya yang lebih kecil, sehingga cocok untuk komputer notebook. DDR-SDRAM juga disebut SDRAM II atau DDRAM. DDR SDRAM (dan berikutnya DD2 dan DD3) serta RDRAM adalah teknologi pengganti SDRAM.
  • DDR2 SDRAM – Double Data Rate Two (2) Synchronous Dynamic Random Access Memory, adalah pengembangan dari DDR SDRAM. Modul DDR2 SDRAM memberikan fitur baru dan fungsi clock lebih tinggi. DDR2 mentransfer 64 bit data sebanyak dua-kali dalam tiap siklus clock. Memori DDR2 SDRAM tidak kompatibel dengan slot memori DDR SDRAM.
  • DDR3 SDRAM – Double Data Rate Three (3) Synchronous Dynamic Random Access Memory, Generasi ketiga dari DDR SDRAM, peningkatkan dari DDR2 SDRAM dengan konsumsi daya lebih kecil, double buffer pre -fetch, dan bandwidth lebih besar karena clock yang tinggi.
  • RDRAM – Rambus Dynamic Random Access Memory, adalah subsistem memori yang mampu mentransfer data hingga 1,6 GB per detik. Subsistem ini terdiri dari RAM, controller RAM, dan bus (path) koneksi antara RAM dengan mikroprosesor (cache memory) dan perangkat lainnya dalam komputer. Direct Rambus (DRDRAM), digunakan dengan prosesor-P4 tahun 1999. Kecepatannya yang tinggi diharapkan dapat mempercepat interface data visual yang intensif seperti 3-D, game interaktif, dan streaming multimedia. Rambus menggunakan pipelining untuk memindahkan data dari RAM ke tingkat cache memori yang “lebih dekat” ke prosesor-central (CPU) atau processor-graphic (GPU).
Catatan: RIMM adalah jenis memori yang dikembangkan oleh RAMBUS,Inc. RIMMs mirip dengan DIMM tetapi memiliki teknologi serta jumlah pin yang berbeda.
DRAM 40nM 32GB.

SODIMM – Modul Memory untuk Notebook/Laptop

DIMM desktop
Modul DIMM – Desktop
Picture
Slot DIMM-Desktop
SODIMM laptop
Modul SODIMM – Laptop
Picture
Slot SODIMM-Laptop
Yang membedakan RAM notebook/laptop dari RAM desktop adalah faktor bentuknya, ukuran fisik dan konfigurasi pin (kaki). Sebuah DIMM ukuran normal memiliki 100, 168, 184, atau 240 pin dan panjangnya 4,5 – 5 inci. Sebaliknya, SODIMM memiliki 72, 100, 144, atau 200 pin dan lukurannya kecil  2,5 – 3 inci.
  • SODIMM – Small Outline DIMM, SODIMM adalah modul memory (DIMM) yang paling banyak digunakan dalam laptop, SODIMM lebih kecil dari modul DIMM yang digunakan dalam desktop. Tetapi ada beberapa produsen laptop yang menggunakan bentuk dan ukuran modul yang berbeda.
  • SORIMM – Small Outline RIMM, yang mirip dengan SODIMM, tetapi memiliki jumlah pin yang berbeda, serta menggunakan teknologi Rambus.Inc seperti pada RDRAM (desktop).
Semakin banyak RAM terpasang dalam komputer, maka akses ke storage/memory-sekunder (mis. harddisk atau CD-ROM) akan semakin jarang. Sehingga komputer akan dapat bekerja semakin cepat. Inilah keuntungan memiliki jumlah RAM yang besar dalam komputer.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Komentar
Konversi Code
Disqus
Silahkan Berkomentar Dengan